Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Olahraga Bola Voli Di Dunia Dan Indonesia

Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Olahraga Bola Voli Di Dunia Dan Indonesia. Bola volli merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 grup yang berlawanan. Tiap grup terdiri dari 6 orang pemain. Namun walau begitu, jumlah grup tergantung pada kreasi bola voli yang dimainkan, pada bola voli pantai, bola voli hanya terdiri dari 2 orang pada tiap grup. Pada sebuah tim dalam permainan bola voli, terdiri dari 4 peran penting yaitu spiker, tosser, libero dan defender. Spiker memiliki tugas untuk memukul bola supaya jatuh ke area lawan, tosser bertugas untuk mengumpankan bola pada rekan satu tim serta mengatur alannya permainan. Libero bertugas sebagai pemain bertahan yang dapat dengan bebas keluar dan masuk namun tidak bolesh mensmash bola dari ke seberang net. Semetara itu defender bertugas sebagai pemain bertahan dalam menerima serangan dari lawan. 
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/sejarah-perkembangan-bola-voli.html
Sejarah bola voli di dunia
Bola voli diciptakan oleh William G. Morgan di tahun 1895. William G. Morgan sendiri merupakan seorang pembina pendidikan jasmani di Young Men Chistian Association di Amerika Serikat. Nama awal dari bola voli adalah Mintonette yang dimainkan hampir sama seperti bulu tangkis pada umumnya. Tujuan awal dibentuknya bola voli adalah untuk meningkatkan kesegaran jasmani para buruh sehingga belum ada aturan yang mengikat bahkan pemainnya pun tidak terbatas.
William G. Morgan kemudian mengembangkan idenya untuk membuat bola voli menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Nama mintonette pun berubah menjadi Volley ball yang berarti memvolley bola secara bergantian. Berkat usahanya, bola voli dapat dengan cepat dikenal secara meluas bahkan bola voli pada akhirnya berhasil dilombakan pada tahun 1922 Y.M.C. A di amerika Serikat. Bola voli tersebar masuk ke negara Asia dan Eropa seperti Latvia, Jepang, Cekoslavia, Jerman Rumania, Yugoslavia, Rusia, Cina, Phipina hingga India berkat para tentara sekutu pada perang dunia 1 yang menyebarkannya. Pada perang dunia II olahraga ini telah banyak dikenal dan diturnamenkan. Bahkan, Pada tahun 1947 bola voli diturnamenkan di Polandia dengan peserta yang cukup banyak.


Searah bola voli di Indonesia
Di Indonesia sendiri permainan bola voli dikenal sejak tahun 1928 pada zaman penjajahan belanda. Banyak guru dari Belanda yang didatangkan untuk mengembangkan olahraga bola voli di Indonesia. Mengingat perkembangan yang cukup pesat, maka tidak heran jika klub – klub mulai bermunculan terutama di kota – kota besar seluruh Indonesia. Melihat antusias masyarakat yang begitu meluas, maka pada tahun 1955 tanggal 22 Januari, PBVSI didirikan di ibukota dengan kejuaraan nasional yang pertama diselenggarakan. PBVSI secara aktif mengembangkan permainan bola yang satu ini kedalam maupun keluar negeri.

Semoga bermanfaat, baca juga "ukuran standar lapangan bola voli beserta gambarnya" dan "peraturan pertandingan bola voli menurut pbvsi terbaru".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Olahraga Bola Voli Di Dunia Dan Indonesia

0 comments:

Post a Comment