Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Pengertian Bounce Pass Dalam Bola Basket, Kegunaan Dan Cara Melakukannya

Pengertian Bounce Pass Dalam Bola Basket, Kegunaan Dan Cara Melakukannya. Permainan bola basket terdiri dari beragam aturan dan tata cara yang harus dipahami dan secara patuh dilakukan. Selain itu, pemain juga diharapkan dapat mempelajari teknik dasar bermain supaya dapat mencetak angka sebaik mungkin. Salah satu teknik permainan basket adalah dengan melakukan passing. Passing dalam bola basket bertujuan untuk menghindari atau mengelabui lawan dalam usaha merebut bola. Selain itu, passing juga berguna untuk membuat gerak tipuan dalam upaya melindungi bola. Ada banyak jenis passing dalam bola basket seperti: baseball pass, chest pass, hook pass, over head pass dan bounce pass. Beragam jenis passing tersebut dilakukan dengan melihat situasi dan kondisi pada arena pertandingan yang tengah berlangsung. 
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/pengertian-bounce-pass-bola-basket.html

Bounce pass sendiri merupakan teknik passing yang dilakukan dengan cara melempar bola pada teman satu tim dengan memantulkannya pada lantai. Passing ini dilakukan dengan memantulkan bola untuk rekan satu tim dengan jarak pantul 2/3.
Cara melakukan bounce pass
Dalam melakukan operan ini, diperlukan teknik dasar yang baik supaya bola dapat mendarat dengan aman pada teman. Hal ini tentu dibutuhkan pemahaman yang baik agar mampu melakukan teknik bounce pass dengan baik pula. Berikut ini merupakan teknik melakukan bounce pass yang dapat dilakukan untuk melatih keakuratan dalam mengoper bola:
  • Tegakkan badan 
  • Posisikan bola di depan dengan siku menekuk di samping badan
  • Majukan salah satu kaki
  • Tekuk lutut lalu tumpukan berat badan di andara kedua kaki
  • Selanjutnya condongkan badan ke arah depan, rilekskan tubuh untuk menjaga keseimbangan
  • Dorong bola ke lantai dengan sasaran seperempat dari sasaran
Awalan untuk melempar bola dilakukan dengan sedikit menarik bola ke dada. Hal ini dilakukan untuk memperoleh awalan di akhir dengan lecutan pergelangan tangan dan telapak tangan menghadap ke luar
 
Kegunaan bounce pass dalam bola basket
Bounce pass digunakan untuk mengelabui atau menghindari serobotan bola dari lawan. Teknik ini efektif dilakukan pada saat pemain tengah dihadang oleh tim awan sehingga sulit menuju passing line. Selain itu, operan ini juga efektif digunakan ketika sasaran tengah melakukan backdoor cut.
Teknik bounce pass di atas dapat dilatih secara rutin untuk mendapatkan keahlian dalam mengoper bola pada teman serta melindungi bola dari serobotan pihak lawan.
 
Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan passing adalah:
  • Timing yang tepat 
  • Lemparan bola harus tepat ke arah teman sehingga terhindar dari serobotan tim lawan
  • Perasaan
  • Hindari lemparan yang menyilang
Hal di atas merupakan pertimbangan dalam melakukan passing supaya passing yang dilakukan lebih akurat dan tepat sasaran. Baca juga artikel selanjutnya "teknik dasar cara melakukan chest pass dalam permainan bola basket" dan "pengertian teknik operan dalam bola basket (baseball pass)".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Bounce Pass Dalam Bola Basket, Kegunaan Dan Cara Melakukannya

0 comments:

Post a Comment