Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Teknik Dasar Cara Melakukan Pukulan Drive dalam Permainan Tenis Meja(Pingpong)

Teknik Dasar Cara Melakukan Pukulan Drive dalam Permainan Tenis Meja(Pingpong). Permainan ping pong atau tenis meja telah lama dikenal sebagai salah satu permainan atau olah raga yang ada di dunia. Menggunakan meja sebagai lapangannya, dan bola yang dipantul-pantulkan di atas meja menjadi bagian dari permainan ini. Selain ketangkasan dan keahlian yang didapat dari latihan, permainan tenis meja juga memiliki sejumlah teknik-teknik dasar yang perlu dikuasai. Teknik dasar inilah yang akan membantu pemain untuk melakukan berbagai cara untuk menghadapi lawannya dan memenangkan permainan.
Teknik dasar permainan tenis meja dimulai dengan persiapan, berupa menguasai macam-macam pegangan tangannya (grip), mempelajari dan menguasai medan permainan, kemudian berlanjut dengan teknik penyerangan maupun pertahanan seperti mempelajari beberapa jenis pukulan dasar dan lanjutan, hingga melakukan block untuk mematahkan lawan.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/cara-melakukan-pukulan-drive.html
Beberapa Pukulan Dasar dalam Permainan Tenis Meja
  • Drive 
  • Push
  • Chop
  • Loopping
  • Lobbing
  • smash
Pengertian Pukulan Drive
Pukulan Drive merupakan salah satu teknik pukulan yang ada dalam permainan tenis meja (ping pong). Drive ialah sebuah pukulan dengan ayunan yang panjang, dan mampu menghasilkan pukulan datar namun keras. Drive juga dilakukan menggunakan gerakan bet dari bawah ke atas dengan sikap bet yang tertutup. Pukulan drive ini juga memiliki tipe yang keras dan cepat. Drive memiliki dua macam, yakni forehand drive dan backhand drive.
Cara Melakukan Pukulan Drive
Forehand Drive
  1. Gerakkan bet (alat pemukul) ke arah depan 
  2. Gerakkan sambil diikuti dengan memutar  badan ke arah depan, sekitar 30 derajat perputaran badan.
Backhand Drive
  1. Bentuk sudut pemain 90 derajat 
  2. Pergerakan bet diikuti badan yang bergerak memutar
  3. Usahakan selalu kontak dengan bola ketika bet sudah berada di depan dengan posisi badan agak ke kiri.
Kesalahan yang kerap terjadi dalam Pukulan Drive
  • Kesalahan yang sering terjadi dalam pukulan drive ini dan cara untuk mengatasinya ialah gerakan kaki. Mengatasi kesalahan drive dapat dilakukan dengan memperbanyak latihan backhand. 
  • Kesalahan dalam drive lainnya ialah terjadi perubahan pada posisi bet akibat bergeraknya tangan, sehingga menyulitkan saat kontak dengan bola. Maka, kuatkan pergelangan tangan saat sikap permulaan agar bet tidak akan mudah berubah posisinya.
Selain teknik drive, masih ada lagi beberapa teknik pukulan lain yang dapat memperkuat pukulan untuk menangkis dan mematahka lawan dalam permainan. Drive merupakan teknik dasar, sedangkan teknik lanjutan diantaranya termasuk overhead smash dan lainnya.
Demikian pembahasan seputar teknik dasar dan cara pukulan drive dalam permainan tenis meja (ping pong). Semakin mempelajari banyak hal, berlatih dan menguasai teknik-tekniknya, pemain ping pong akan lebih maksimal dalam pertandingan. Selamat berlatih, semoga artikel kali ini bermanfaat. Salam olah raga! Baca juga "perlengkapan olahraga tenis meja" dan "pengertian dan cara melakukan pukulan push tenis meja".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teknik Dasar Cara Melakukan Pukulan Drive dalam Permainan Tenis Meja(Pingpong)

0 comments:

Post a Comment