Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Teknik Dasar Cara Melakukan Servis Tenis Meja yang Mematikan dengan Benar

Teknik Dasar Cara Melakukan Servis Tenis Meja yang Mematikan dengan Benar. Meski terlihat sepele, permainan tenis meja (sering disebut juga dengan ping pong) membutuhkan keterampilan yang tinggi. Permainan ini telah mendunia dan lama menjadi pertandingan dengan menghasilkan atlet-atlet di bidangnya. Tenis meja memiliki beberapa teknik-teknik dasar dan teknik lanjutan dalam permainannya, dan beberapa teknik yang disinyalir mampu mematahkan lawan dan mematikannya. Lalu, bagaimana cara melakukan servis tenis meja? Sebelum itu, terlebih dahulu kita perhatikan mengenai hal berikut. Secara mendasar, dua teknik pukulan dalam permainan tenis meja ialah:
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/cara-melakukan-servis-tenis-meja.html

  • Pukulan forehand 
  • Pukulan backhand
Dalam melakukan pukulan forehand maupun backhand , beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:
  1. Pandangan mata 
  2. Lemparan bola ke atas
  3. Ayunan bet saat memukul bola
  4. Saat perkenaan bola dengan bet, dan
  5. Sikap lanjut maupun akhir
Lalu bagaimana caranya? Di bawah ini ialah teknik-teknik servis dalam permainan tenis meja (ping pong), diantaranya:

Teknik Servis Backhand Topspin
Caranya, berdiri di tengah menghadap meja dengan sikap bersiap. Lalu tangan kanan memegang bet, atau tangan kiri bagi yang kidal, dengan mendekatkan ke pinggang sebelah kiri. Telapak tangan memegang bola, dan sebaiknya bola tidak dilambungkan terlalu tinggi. Setelah bola melambung, pukul dengan bet.
 
Teknik Servis Forehand Topspin
Servis selanjutnya ialah forehand topspin. Sama seperti teknik servis sebelumnya, bersiaplah dengan berdiri di depan meja bagian kanan dan menghadap agak kiri di meja lawan. Pegang bet dengan tangan kanan –atau kidal dengan tangan kiri- dimana tangan berada di kanan badan serta posisikan siku ditekuk 90 derajat. Telapak tangan kiri memegang bola ping pong, lalu lambungkan bola tanpa terlalu tinggi dan pukul dengan bet.
 
Teknik Backhand Backhand Backspin
Caranya, berdiriah di tengah menghadap meja dengan sikap bersiap. Kemudian tangan kanan memegang bet dengan mendekat ke pinggang sebeklah kiri. Sentuh atau pegang bola dengan telapak tangan kiri, lalu lambungkan bola sekitar 16 cm dan pukullah bola ping pong dengan bet. Pukulan ini dilakukan dengan cukup digesek bagian belakang bola dengan bagian bawah bet. Gerakkan bet agar condong ke depan turun ke bawah, namun pastikan jangan terlalu tinggi saat melambungkan bola ping pong agar servis bisa tepat.
 
Teknik Forehand Backspin
Servis ini sedikit hampir mirip dengan backhand backspin. Bedanya, posisi diganti dengan posisi forehand.
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang teknik dasar pukulan servis dalam permainan tenis meja. Dengan latihan yang cukup dan penguasaan teknik yang benar, maka permainan akan semakin leluasa bagi pemain dan memudahkan permainan menjadi lebih efisien dan optimal. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Selamat berlatih dan salam olah raga!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teknik Dasar Cara Melakukan Servis Tenis Meja yang Mematikan dengan Benar

0 comments:

Post a Comment