Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Latihan Cepat Memahami Footwork Badminton yang Baik dan Benar

Latihan Cepat Memahami Footwork Badminton yang Baik dan Benar. Dalam permainan bulu tangkis atau badminton, perlu diperhatikan teknik-teknik permainannya agar dapat bertanding secara optimal. Menguasai tekni dalam badminton juga akan memudahkan pemain dalam bertanding secara lancar. Salah satu teknik permainan dalam bulu tangkis atau badminton ialah footwork yang merupakan latihan dasar dalam badminton yang berkaitan dengan kesempurnaan gerak langkah kaki pemain. Footwork penting untuk dikuasai sebagai langkah dasar agar selanjutnya, permainan di lapangan menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai footwork:
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/latihan-cepat-memahami-footwork.html

Pengertian Footwork
Footwork ialah gerakan dasar yang melibatkan kesempurnaan gerak kaki untuk dapat menghasilkan pukulan berkualitas, yakni bila dilakukan dalam posisi yang baik. Untuk dapat memukul dengan posisi yang baik, seorang atlet bulu tangkis harus mempunyai kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak dapat dicapai apabila footworknya tidak teratur.

Persiapan Footwork
Sebelum memulai footwork, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, yakni:
  • Siapkan shuttlecock sebanyak 5 buah atau secukupnya 
  • Letakkan shuttlecock di pojok lapangan
  • Latihan ini ialah memindahkan shuttlecock dari sudut lapangan ke lapangan yang lain menggunakan irama langkah.
Latihan Footwork
  • Siapkan badan dengan berdiri di tengah lapangan. Lakukan gerakan dancing 
  • Untuk membalikan shuttlecock droppshot backhand, langkah kecil kaki kiri lalu diikuti langkah besar kaki kanan pada posisi backhand
  • Setelah membalikkan shuttlecock, balik ke posisi awal dengan langkah kaki kanan ke belakang, dan diikuti langkah kaki kiri. Lutut agak ditekuk untuk mendapatkan kekuatan kaki. Jaga gerakan dancing sembari menunggu shuttlecock
  • Untuk membalikkan shuttlecock dropshot dengan posisi forehand, jaga kgerakan dancing dimulai dengan langkah kecil kaki kiri dan diikuti langkah besar kaki kanan. Usahakan lutut sedikit ditekuk untuk mendapatkan kekuatan kaki, lalu balik ke tengah dengan langkah kaki kanan lalu diikuti langkah kaki kecil.
  • Untuk membalikkan shuttlecock dengan posisi backhand, jaga gerakan dancing lalu langkah kaki kanan ke kiri dengan posisi kaki kanan menyilang dan punggung menghadap net. Selesai mengembalikan shuttlecock, balik lagi ke posisi tengah dengan langkah kaki kanan ke posisi seperti semula.
Penting Diperhatikan
Dalam footwork bulu tangkis, start point di lapangan setiap mengembalikan shuttlecock yang dropshot atau belakang, usahakan untuk balik lagi ke titik point tersebut sambil menanti shuttlecock dikembalikan oleh lawan. Tetap usahakan pula dengan gerakan dancing yang terjaga agar memiliki kecepatan awal bagi tubuh utuk bergerak.
Demikian artikel yang membahas seputar latihan footwork dalam bulu tangkis. Untuk dapat memahami gerakan footwork yang baik dan benar, yang terpenting adalah terus melatihnya dan menguasai teknik-teknik yang benar. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Selamat berlatih dan salam olah raga!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Latihan Cepat Memahami Footwork Badminton yang Baik dan Benar

0 comments:

Post a Comment