Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Cara Melakukan Pukulan Backhand Overhead Dengan Benar

Cara Melakukan Pukulan Backhand Overhead Dengan Benar. Banyak cabang olahraga yang bisa menjadi satu hobi menyehatkan. Salah satu olahraga yang banyak diminati adalah bulutangkis. Olahraga tepuk bulu ini sudah mendunia dan di Indonesia sendiri banyak prestasi yang diraih oleh atlet bulutangkisnya. Dari tahun ke tahun perubahan terjadi di olahraga ini salah satunya adalah penilaian atau skor. Tetapi kali ini, tidak membahas mengenai sistem penilaiannya melainkan cara melakukan pukulan backhand yang terbilang cukup sulit. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa teknik dasar untuk melakukan pukulan backhand overhad.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/melakukan-pukulan-backhand-overhead.html
Berikut ini beberapa teknik dasar pukulan backhand overhead
Untuk lebih memudahkan Anda untuk memahami tekniknya harus dibedakan menjadi tiga tahapan yakni persiapan, gerakan, dan akhir. 


Tahap Persiapan
Untuk tahap persiapan dalam memukul backhand overhead dimulai dengan sikap siap berdiri dengan dua kaki dibuka selebar bahu dan posisi badan menghadap net atau jaring. Setelah itu raket dipegang di depan badan untuk arah backhand dan usahakan kepala raket sejajar dengan bahu dan lutut sedikit direndahkan.
 
Tahap Gerakan
Dalam tahap gerakan terdiri dari beberapa bagian yakni saat shuttle cock datang putar posisi badan ke arah kiri sampai posisi kaki kanan berada di depan. Untuk posisi bahu kanan sebisa mungkin menghadap ke net dan bagian lengan bawah menunjukkan sudut kea rah bawah. Setelah itu pidahkan berat badan kea rah kaki kemudian putar tubuh kea rah pukulan hingga posisi raket naik lebih tinggi. Pada saat cock menyentuh kepala raket usahakan lengan bawah dan pergelangan tangan berputar keluar.
 
Tahap Akhir
Dalam tahap akhir terbilang mudah hanya dengan mengusahakan lengan kembali lurus dan pandangan mengikuti kemana arah bola ditempatkan.
Meskipun bia dilakukan dengan cepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemain dalam melakukan pukulan backhand ini, diantaranya :
  • Karena teknik backhand ini terbilang sulit bagi pemula maka Anda harus berusaha lebih keras dan sering berlatih agar cepat mahir. 
  • Jangan tergesa-gesa dalam memukul bola, usahakan badan, tangan, dan kaki dalam keadaan santai dan tidak kaku, karena jika kaku maka biasanya shuttle cock akan tanggung atau bahkan tidak sampai melewati net. 
  • Jangan menggenggam raket terlalu kencang karena bisa membuat posisi tangan tidak nyaman
  • Sebisa mungkin arahkan bola hingga mencapai garis belakang lapangan lawan atau silang untuk mengecoh perhatian lawan.
Itulah beberapa cara dan teknik dalam melakukan pukulan backhand overhead yang bisa disampaikan. Untuk bisa mahir dalam melakukan backhand overhead Anda harus lebih sering bermain dan berlatih. Jika diperlukan amati pemain lain yang sudah terbilang lancar dalam melakukannya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dalam bermain bulutangkis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Melakukan Pukulan Backhand Overhead Dengan Benar

0 comments:

Post a Comment