Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Memahami Tarikan Senar Raket Bulutangkis yang Ideal Bagi Setiap Pemain

Memahami Tarikan Senar Raket Bulutangkis yang Ideal Bagi Setiap Pemain. Pemahaman akan tarikan senar raket cukuplah penting dalam permainan bulutangkis, sebab raket yang baik dapat bekerja dengan optimal bila mampu memahami terikan senar sesuai dengan tipe pemain. Pemain juga mampu melakukan pertandingan secara maksimal dengan menguasai teknik yang benar, termasuk pengetahuan tentang raket dan senar yang sesuai. Oleh karena itu, rahasia pemilihan raket salah satunya terletak pada tipe pemain itu sendiri.
Tipe pemain seperti apakah Anda? Apakah pemain power, atau pemain control? Tipe pemain juga turut menentukan pemilihan jenis senar yang tepat dari raket yang baik untuk mengoptimalkan permainan bulutangkis. Berikut penjelasan sedikit untuk dapat memahami tarikan senar raket bulutangkis yang ideal bagi setiap pemain.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/memahami-tarikan-senar-raket-bulutangkis.html

Pemahaman 1
Sebenarnya, pemahaman akan tarikan senar ini sederhana. Tentukan terlebih dulu jenis senar yang akan digunakan sesuai dengan tipe Anda. Untuk mengetahui tipe tersebut, sebaiknya mintalah teman yang paham untuk menilai karena kadang diri sendiri tidak mampu menggambarkan apa yang sebenarnya terlihat.
Beberapa senar untuk power player diantaranya seperti : bg-65, 95, ashaway ML, R4x3300 dan lainnya. Sedangkan untuk control player diantaranya seperti bg-66, 68ti, 85, ashaway MP, R4x100/200, gosen ppro-66, dan sebagainya.
Pada intinya, semakin kencang tarikan senar, power akan semakin menurun –dalam batas tertentu, dan kontrol meningkat. Semakin longgar tarikan, maka power akan semakin meningkat –dalam batas tertentu, dan kontrol menurun. Pendapat tersebut berlaku di range tarikan 18 hingga 35 lbs.
Semakin tinggi kekuatan ayunan pukulannya, maksimal power didapat dari tarikan yang lebih tinggi –dalam batas tertentu. Batas inilah yang menjadi pencarian pemain bulutangkis, terutama pada pemula. Maka di sini, tarikan senar tiap pemain tidak sama.

Pemahaman 2
Di bawah ini sedikit referensi tentang kondisi senar dan tarikannya.
Senar
  • Senar bg 66 : kelenturan bagus, tebal senar 0,66 mm 
  • Senar bg 65 ti / bg 68 ti : tebal senar 0,68 mm, kelenturan kurang
  • Senar bg 66 sharp : lentur, kuat dan cukup stabil
Tarikan
  • 27-28 : keakuratan dan kestabilan cukup baik 
  • 22-25 : kekuatan pukulan bertambah
  • 29-30 : keakuratan pukulan sangat baik
Pemahaman 3
Mengenai tarikan senar pada raket bulu tangkis, teori umumnya ialah sebagai berikut:
  • Semakin kaku senar raket, semakin lemah pukulan power namun semakin akurat kontrol 
  • Semakin tebal senar raket, semakin lemah pukulan power, namun semakin meningkat kontrol
  • Semakin kencang tarikan senar, semakin lemah power, namun meningkatkan kontrol pada shuttlecock
Intinya, jenis, ketebalan dan kekuatan tarikan raket memang memiliki fungsi tersendiri bagi tiap tipe permainan.
Semoga artikel kali ini bermanfaat, selamat berlatih dan menguasai teknik-teknik permainan bulutangkis. Salam olah raga!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Memahami Tarikan Senar Raket Bulutangkis yang Ideal Bagi Setiap Pemain

0 comments:

Post a Comment