Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Apa Perbedaan Antara Voli Pantai dan Voli Standar

Apa Perbedaan Antara Voli Pantai dan Voli Standar. Permainan bola voli ternyata masih sangat digandrungi oleh semua kalangan masyrakat. Hal itu terbukti masih adanya pertandigan bola volo sekelas nasional dan internasional. Berbicara mengenai bola voli ada satu cabang yang juga banyak menarik perhatian yaitu voli pantai. Meskipun sama dalam hal bola, ternyata ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat. Lalu apa saja perbedaan antara bola voli indoor dan bola voli pantai? 
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/perbedaan-voli-pantai-dan-standar.html

Berikut ini beberapa perbedaan antara voli pantai dengan voli standar:

  • Perbedaan yang paling mencolok adalah lokasi permainan dimana untuk voli pantai berada di luar ruangan berpasir pantai, sedangkan untuk voli standar berada di dalam ruangan. 
  • Pemain voli pantai hanya berjumlah dua orang dalam satu tim, sedangkan untuk voli standar berjumlah enam orang. Untuk voli pantai dua pemain tidak terikat peran atau tugas, sedangkan di voli standar bisa sesuai dengan tugasnya seperti pada libero.
  • Lapangan yang digunakan untuk permainan voli pantai memiliki ukuran lebih kecil daripada bola voli standar. Bola voli dalam ruangan memiliki lapangan dengan ukuran 18 x 9 meter, sedangkan untuk voli pantai berukuran 16 x 8 meter saja. 
  • Tidak hanya dari ukuran lapangan saja, dari panjang net juga berbeda, untuk bola voli pantai memiliki panjang net 8,50 meter, dan untuk voli dalam ruangan berukuran 9,50 meter. 
  • Ukuran bola dari voli pantai memiliki ukuran lebih besar dan lunak daripada untuk voli dalam ruangan. Dalam voli pantai bola memiliki tekanan internal lebih rendah, sedangkan untuk voli indoor bola lebih ringan dan lebih padat.
  • Dalam permainan bola voli indoor terdapat garis dalam ruangan dengan ukuran 3 meter, sedangkan untuk voli pantai tidak ada garis 3 meter.
  • Untuk permainan bola voli dalam ruangan jelas terlihat ada garis serang, sedangkan pada permainan bola voli pantai tidak terdapat garis serang. Dalam voli pantai hanya ada garis berukuran persegi saja.
  • Tinggi net atau jaring untuk voli pantai dan voli indoor juga berbeda. Untuk voli dalam ruangan khususnya putra setinggi 2,43 meter dan untuk putrid setinggi 2,42 meter. Dalam permainan bola voli pantai tinggi net putra setinggi 2,10 meter dan untuk putri setinggi 2,00 meter.
 Itulah tadi ulasan mengenai perbedaan antara bola voli pantai dengan voli standar. Tentu tidak menjadi satu masalah karena dua permainan ini sama-sama menggunakan bola untuk alat permainan. Hanya saja untuk permainan bola voli dalam ruangan lebih memerlukan banyak peralatan daripada voli pantai. Sensasi permainan antara dua cabang olaharaga tersebut juga berbeda mulai dari peraturan hingga peralatannya. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat yang besar untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa Perbedaan Antara Voli Pantai dan Voli Standar

0 comments:

Post a Comment