Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Cara Melakukan Pukulan Dropshot Pada Permainan Bulutangkis

Cara Melakukan Pukulan Dropshot Pada Permainan Bulutangkis. Olahraga bulutangkis, tentu saja Anda pasti sudah mendegar olahraga ini atau bahkan memiliki hobi bermain bulutangkis. Jika Anda pernah menyaksikan pertandingan badminton ini tentu akan terlihat berbagai macam variasi serangan dan pukulan yang dilakukan atlet. Mungkin di benak Anda pernah terbesit bagaimana cara melakukan semua pukulan itu dengan mudah dan benar. Perlu Anda ketahui ada beberapa jenis pukulan yang ada di dalam permainan bulutangkis diantaranya lob, smash, forehand, backhand, drive, dropshot, dan netting. Nah kali ini artikel akan menjelaskan satu pukulan kepada Anda yakni dropshot. Lalu apa pengertian dari pukulan dropshot, tekni melakukannya, dan apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam melakukannya?
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/02/pukulan-dropshot-pada-bulutangkis.html
Pengertian Dropshot
Dropshot merupakan satu pukulan dalam badminton yang menyerupai smash, namun ada perbedaan saat perkenaan shuttle cock dimana tidak dipukul dengan keras melainkan hanya didorong dengan halus dan lembut agar bola jatuh tepat di daerah depan lapangan lawan. Biasanya pukulan dropshot ini merupakan satu gerak tipu atau pukulan tipuan untuk mengecoh lawan yang sedang berada jauh di garis belakang lapangan. Ada karakteristik dari pukulan ini dimana shuttle cock harus jatuh di depan net atau di daerah depan pertahanan lawan. Untuk melakukan pukulan drposhot diperlukan pengamatan yang jeli dan gerak tipu yang apik sehingga mampu mengecoh lawan.

Teknik Dropshot

Melakukan pukulan drposhot ini tidaklah sulit hanya saja harus tepat dalam menempatkan bola di depan net. Sikap awalan dropshot tidak berbeda jauh dengan pukulan smash, hanya saja gerakan ayunan tangan tidak secepat smash. Gerakan kaki yang cepat dan perpindahan berat badan yang harmonis sangat menentukan dalam menipu lawan. Jika sukses maka lawan akan terlambat mengantisipasi atau bereaksi untuk mengembalikan shuttle cock. Biasanya lawan harus terjatuh untuk mengembalikan pukulan dropshot ini.

Hal yang Diperhatikan Dalam Melakukan Pukulan Dropshot
Untuk melakukan dropshot harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Perhatikan pegangan forehand Anda, sebaiknya peganglah raket di samping bahu dan posisi badan harus sedikit menyamping searah dengan net. 
  • Posisi kaki kanan berada di  bagian belakang kari kiri, dan saat memukul bola harus ada perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri. Jangan lupa selalu usahakan posisi badan berada di belakang bola. 
  • Ketika perkenaan bola posisi tangan harus dalam keadaan lurus untuk menjangkau bola dan mendorongya dengan halus, kemudian untuk arah forehand lawan pukul bagian lengkungan bola pada bagian kanan. 
  • Perhatikan langkah kaki pada saat sebelum dan sesudah mamukul shuttle cock, dan jangan lupa bahwa pukulan dropshot adalah pukulan tipuan, jadi aspek kehalusan dan gerak tipu harus terlihat sempurna.
Itulah tadi beberapa pengertian, teknik, dan hal yang harus diperhatikan dalam memukul dropshot, semoga bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Melakukan Pukulan Dropshot Pada Permainan Bulutangkis

0 comments:

Post a Comment