Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Cara Melakukan Teknik Pukulan Drive yang Baik Dalam Permainan Bulutangkis

Cara Melakukan Teknik Pukulan Drive yang Baik Dalam Permainan Bulutangkis. Cabang olahraga bulutangkis menjadi satu olahraga yang mendunia dan banyak diminati seluruh masyarakat. Berbagai lapisan masyarakat bisa menikmati permainan bulutangkis ini, tetapi tidak semua mengerti tentang semua pukulan di dalam permainan tersebut. Dari beberapa pukulan di bulutangkis ada satu yang masih belum banyak dimengerti yakni pukulan drive. Lalu apa saja pengertian dari pukulan drive, dan bagaimana cara melakukan teknik pukulan tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/03/cara-melakukan-pukulan-drive-bulutangkis.html

Berikut ini pengertian pukulan drive dan cara melakukannya:

Pengertian Pukulan Drive
Pukulan drive memiliki arti yaitu sebuah pukulan dimana bisa membuat jalan bola menjadi datar dalam melewati net atau jaring. Untuk mempersulit pengembalian lawan, harus dilakukan dengan kecepatan tinggi. Arah dari pukulan drive tidak harus lurus tetapi bisa ke samping kanan atau samping kiri. Pada umumnya pukulan drive ini lebih sering terjadi pada pertandingan ganda. Untuk melakukan pukulan drive ternyata bisa dikombinasikan dengan pukulan forehand atau backhand.

Cara Melakukan Pukulan Drive
  1. Untuk sikap awal dalam melakukan pukulan drive posisi kaki harus kangkang dan badan tegak dengan lutut lentur. Konsistensi tangan dalam memegang raket dan mengayunkannya sangat penting mengingat kecepatan pukulan drive bisa terjadi berulang ulang. 
  2. Antisipasi shuttle cock saat mendekati net harus cepat dengan memberikan sedikit dorongan ke depan. Untuk memaksimalkan pukulan drive pemain harus berada di dekat atau depan net jangan berada di posisi belakang karena jika dari belakang maka bola akan tanggung di depan net dan sangat nyaman untuk disambar oleh lawan. 
  3. Jauh dekatnya shuttle cock dipengaruhi oleh besar kecilnya tenaga pukulan, jadi sebisa mungkin posisikan raket sedikit miring di depan sehingga shuttle cock jatuh lebih tajam. 
  4. Jika ingin mengarahkan shuttle cock ke samping kanan dan kiri sebaiknya langkah kaki harus cepat.

Sedangkan untuk pukulan drive forehand ada beberapa cara untuk melakukannya yakni:
  1. Untuk sikap awalnya dilakukan dengan berdiri kangkang menghadap kea rah samping kanan. 
  2. Pukulan bola datar dengan ayunan tangan bisa dimulai dari arah belakang kearah depan.

Sedangkan untuk pukulan drive backhand bisa dilakukan dengan cara berikut ini:
  1. Sikap awal sebelum melakukan pukulan drive adalah posisi kaki dalam bentuk kangkang selebar bahu kemudian pandangan mata kea rah samping kanan diimbangi dengan tubuh sedikit serong ke kiri dan kanan. 
  2. Untuk bola yang datang ke arah kanan dari tubuh dapat dipukul dengan mengayunkan raket dari arah belakang ke depan dan usahakan laju bola dalam arah yang datar dengan net atau jaring.
Semoga informasi mengenai cara untuk memukul drive di atas bisa memberikan manfaat untuk Anda dalam melakoni permainan bulutangkis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Melakukan Teknik Pukulan Drive yang Baik Dalam Permainan Bulutangkis

0 comments:

Post a Comment