Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Formasi Pola Penyerangan Bola Voli

Formasi Pola Penyerangan Bola Voli. Olahraga yang saat ini banyak dilirik adalah bola voli. Seperti yang kita ketahui banyak liga atau event dengan melombakan bola voli dan dengan hadiah yang tidak sedikit. Indonesia saat ini masih dipandang belum terlalu baik dalam olahraga bola voli ini, tetapi di dalam negeri malah justru semakin baik terbukti banyak daerah di Indonesia yang sudah mengenal dan melakukan olahraga ini. Dalam permainan bola voli ada teknik dasar, sarana, dan perwasitan yang harus diketahui setiap pemain. Tetapi kali ini tidak akan membahas sarana dan prasarana melainkan formasi. Tidak berbeda jauh dari olahraga lainnya, dalam permainan bola voli terdapat formasi untuk mengatur irama serangan dalam tim. Lalu formasi apa saja yang bisa dilakukan dalam permainan bola voli?
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/03/formasi-pola-penyerangan-bola-voli.html

Berikut ini beberapa formasi dalam permainan bola voli:
Formasi Penyerangan
Dalam formasi penyerangan berhasil atau tidak sangat tergantung dari posisi pemain di lapangan. Biasanya untuk menyerang posisi pemain di tengah lebih nyaman daripada di depan net. Ada beberapa formasi menyerang di permainan bola voli yakni:
Formasi Penyerangan 4Smasher – 2 Set Upper
Untuk melakukan formasi menyerang 4 Smasher – 2 Set Upper ini dibutuhkan 4 orang pemain yang berperan untuk melakukan smash, dan dua orang berperan sebagai setter atau mengumpan. Dalam melakukan pengumpan terkadang setter berada di posisi tengah depan tetapi tidak menutup kemungkinan bisa berada di posisi depan. Ada beberapa komposisi pemain dalam melakukan formasi serang 4Sm -2 Su diantaranya Set Upper 1 – Set Upper 2, Smash 1 – Smash 4, Smash 1 – Smash 2, Smash 3 – Smash 4, Smash 4 –Smash 1.
Formasi Penyerangan 4 Smasher – 1 Set Upper
Dormasi menyerang 4smasher – 1 set upper bisa dilakukan dengan komposisi 4 orang sebagai smasher dan 1 orang untuk mengumpan. Satu orang yang menjadi set upper posisinya harus lebih baik dari setter. Bisanya hanya ada 2 atau 3 pemain yang melakukan smasher, tetapi di formasi ini jumlah smasher bisa mencapai 4 orang.
Formasi 5 Smasher – 1 Set Upper
Formasi 5 Smasher – 1 Set Upper terdiri dari satu orang pemain yang bertugas sebagai set upper atau pengumpan. Pada tugasnya, set upper biasanya berada di posisi depan kemudian dua pemain lain bertugas sebagai smasher. Tetapi pada saat posisi set upper berada di belakang maka jumlah smasher bisa menjadi 3 orang. Formasi menyerang 5smasher dan 1 set upper ini lebih menitikberatkan pada peran dari seorang pengumpan dimana ia harus dituntut untuk terus mengumpan ke 5 smasher.
Itulah tadi beberapa formasi menyerang yang bisa Anda terapkan dalam permainan bola voli. Semoga informasi di atas memberikan manfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Formasi Pola Penyerangan Bola Voli

0 comments:

Post a Comment