Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Formasi Pola Pertahanan Bola Voli Beserta Gambarnya

Formasi Pola Pertahanan Bola Voli Beserta Gambarnya. Permainan bola voli yang menuntut konsentrasi dan skill ternyata mampu menyajikan sajian olahraga yang menarik bagi khalayak public. Berbicara mengenai bola voli tidak lepas dari strategi tim, dan tidak hanya itu skill pemain juga penting untuk diperhatikan. Kali ini artikel akan membahas mengenai formasi pertahanan dalam bola voli. Mungkin Anda pernah melihat satu tim dengan defend atau pertahanan yang kokoh, hal itu terjadi karena formasi pertahanan dalam tim tersebut berjalan dengan baik. Menarik untuk membahas formasi pertahanan dari permainan bola voli, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa formasi pertahanan bola voli yang bisa Anda terapkan.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/03/formasi-pola-pertahanan-bola-voli.html

Berikut ini formasi pertahanan bola voli:
Bendungan Satu Pemain
Pola pertahanan bendungan satu pemain sini dipaai jika lawan menyerang dengan sangat cepat dan kuat. Untuk mengantisipasi serangan yang cepat maka pola bendungan satu pemain sangat berguna untuk membantu teman dalam melakukan blocking.
Bendungan Berteman
Setelah tadi ada formasi bendungan satu pemain, sekarang ada satu sistem pertahanan bernama bendungan berteman yang dapat digolongkan sebagai sistem defensive yang baik. Dibutuhkan pemain yang tinggi dan sangat cepat dalam mengantisipasi smash keras di depan net. Untuk menerima bola dengan baik harus dengan posisi berdiri kedua tangan di ulurkan ke atas net.
Bendungan Dua Pemain
Cara bertahan dengan bendungan dua pemain digunakan pada saat lawan mendominasi penyerangan dengan melancarkan bola-bola tajam menukik sehingga pihak bertahan masih mempunyai kesempatan untuk memblock serangan.

Bendungan Tiga Pemain
Untuk jenis block yang satu ini dipakai jika sedang menghadapi lawan yang tangguh. Jika lawan memberikan serangan dengan smash tajam, keras, dan menukik maka gunakanlah formasi bendungan tiga pemain ini. Diharapkan dengan banyaknya pemain yang melakukan block di depan net maka penyerangan dapat digagalkan.
Formasi 2-4
Formasi bertahan 2-4 ini memiliki arti 4 pemain memiliki tugas menerima servis dan dua lainnya siap mengumpan dengan servis ke arah smasher.
Formasi 3 -3
Skema bertahan 3 – 3 ini berguna untuk mengantisipasi bola spike dari arah tengah, terdapat 3 orang yang akan membendung smash dan melakukan blocking. 3 orang tersebut terdiri dari 1 orang di tengah dan 2 orang berada di sisi belakang.
Formasi 5-1
Untuk formasi 5-1 ini harus menyediakan 5 pemain yang bertugas untuk menerima servis dan untuk 1 orang lainnya sebagai pengumpan atau set upper. Biasanya formasi ini digunakan saat tim sedang tertekan dan membutuhkan pertahanan yang kuat, dan balik menyerang pada saat tertentu dengan serangan mematikan.                                                                     
Ulasan mengenai sistem formasi pertahanan dalam permainan bola voli di atas semoga bisa memberikan informasi yang baik dan benar sehingga Anda bisa dengan mudah menerapkan strategi bertahan dalam keadaan nyata.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Formasi Pola Pertahanan Bola Voli Beserta Gambarnya

0 comments:

Post a Comment