Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Induk Organisasi Sepak Takraw

Induk Organisasi Sepak Takraw. Olahraga sepak takraw, mungkin Anda pernah melihatnya atau bahkan memainkannya. Setiap olahraga pasti memiliki organisasi induk yang menaungi seluruh aktivitas dan menjadi satu perhimpunan. Pada sepak takraw sendiri tentunya punya organisasi induk yang ada di berbagai wilayah atau negara. Seperti halnya dalam sepak bola yang memiliki induk organisasi yakni FIFA, sepak takraw juga mempunyai organisasi induk bernama ISTAV. Lalu di Indonesia sendiri ada organisasi khusus mengurusi olahraga sepak takraw ini bernama PERSETASI (Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia). Lalu bagaimana sejarah terbentuknya PERSETASI dan apa saja nama organisasi induk di beberapa negara lainnya?
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/03/induk-organisasi-sepak-takraw.html
Berikut ini sejarah dari PERSETASI dan beberapa organisasi induk di negara lain:
Organisasi induk sepak takraw di Indonesia
PERSETASI dibuat di Indonesia pada tahun 1971 dan sekaligus menjadi yang pertama di Indonesia. Namun sebelum bernama PERSETASI nama organisasi induk tersebut bernama PERSERASI ( Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia) pergantian nama tersebut dimulai pada tahun 1986. Sebagai organisasi induk yang berdiri di satu negara harus menjadi anggota ISTAF (Internasional Sepak Takraw Federation).
Perkembangan organisasi induk di dunia
Olahraga sepak takraw pertama kali dipertandingkan di pesta olahraga south east asia peninsulars games atau SEAP GAMES pada tahun 1965 dan perhelatan tersebut diadakan setiap 2 tahun sekali. Negara peserta SEAP GAMES terdiri dari Singapura, Malaysia, Thailand, dan Laos, dan tepatnya pada tahun 1977 jumlah peserta bertambah dengan masuknya Indonesia, Brunei, Filipina. Seiring perkembangan waktu nama SEAP GAMES diubah menjadi SEA GAMES.
Setelah itu pada tahun 1982 dibentuk lagi satu organisasi sepak takraw bernama ASTAF (Asian Sepak Takraw Federation) yang diikuti oleh 14 negara di kawasan Asia. Lalu pada 5 Maret 1992 secara resmi anggota pengikut ISTAF yang terdiri dari 16 negara anggota. Ada keunikan dari olahraga ini dimana setiap negara memberikan nama berbeda dari negara lain. Penasaran apa saja nama dari sepak takraw ini? Berikut ulasannya.
Nama sepak takraw di Malaysia bernama Sepak Raga Jarring.

  • Di Singapura sepak takraw diberi nama Bola Sepak Raga. 
  • Indonesia memberi nama sepak takraw dengan Rago. 
  • Brunei memberi nama sepak takraw dengan nama Sepak Raga Jala. 
  • Ceylon memberi nama sepak takraw dengan nama Raga
  •  Sepak takraw di Tiongkok dikenal dengan nama Teng Chew. 
  • Sepak takraw di Burma disebut dengan Chin Loong. 
  • Laos memberi nama sepak takraw dengan nama Kator. 
  • Nama sepak takraw di Filipina adalah Sipa. 
  • Thailand memberikan sebutan untuk sepak takraw adalah Takraw.
Itulah tadi beberapa organisasi induk di Asia dan Indonesia beserta namanya di berbagai negara. Semoga informasi di atas memberikan manfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Induk Organisasi Sepak Takraw

1 comments:

  1. Dalam permainan poker dan domino 99 online membutuhkan banyak strategi untuk menang,
    memanfaatkan kartu bagus, ronde, waktu, taktik mengertak dan menipu lawan anda.
    seperti dalam semua varian poker, setiap individu bersaing untuk sejumlah uang atau chip yang diberikan oleh para pemain,
    dengan proses pembagian kartu secara acak. (PIN BBM: 7AC8D76B)

    ReplyDelete