Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Ketentuan/ Peraturan Khusus Pemain Libero Dalam Permainan Bola Voli

Ketentuan/ Peraturan Khusus Pemain Libero Dalam Permainan Bola Voli. Permainan bola voli menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak diminati di Indonensia. Sebagai satu tim bola voli tentu saja membutuhkan koordinasi dan kerja sama yang solid untuk bisa menjalankan strategi. Tahukah Anda jika dalam satu tim ada seorang yang bertugas menahan serangan lawan dan mengatur alur serangan yakni libero. Tetapi ternyata dalam menjalankan tugasnya ada beberapa peraturan bagi seorang libero yang berbeda dari pemain lainnya. Lalu apa saja ketentuan pemain libero pada permainan bola voli?
Berikut ini beberapa aturan dari seorang libero:
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/03/ketentuan-khusus-pemain-libero.html

  • Seorang pemain libero bisa mengganti setiap posisi pemain yang berada di barisan belakang atau pertahanan. 
  • Dalam setiap permainan bola voli, seorang pemain libero hanya bisa bermain dalam posisi belakangdan tidak dapat melakukan serangan dari bagian depan dan tengah.
     
  • Karena sebagai pemain di garis belakang, maka seorang libero tidak diperbolehkan untuk melakukan bloking bola di depan net atau jaring.
     
  • Pemain libero hanya diperbolehkan melakukan umpan dari pasing bawah yang bisa menjadi awal dalam sebuah serangan.
Selain peraturan dalam jalannya permainan, ada lagi beberapa ketentuan dalam pergantian pemain libero. Berikut ulasannya untuk Anda:
  • Pergantian pemain libero tidak terbatas jumlah dalam satu permainan. Untuk mengganti libero bisa dilakukan pada awal set kedua, dan telah melakukan posisi pemain sesuai dengan line up sheet. 
  • Pergantian pemain libero bisa dilakukan pada saat terjadi bola mati, dan pada saat sebelum wasit 1 meniupkan peluit untuk melakukan servis.  
  • Pemain libero hanya bisa masuk atau keluar permainan setelah melewati garis samping yang berada tepat di depan bangku cadangan diantara garis serang dan garis akhir. 
  • Seorang libero dalam permainan bola voli terkadang tidak harus memiliki postur tinggi, namun yang terpenting adalah bagaimana bisa menahan serangan dan mengatur ritme serangan. Setiap pemain memiliki fungsinya masing-masing, mulai dari blocking, smash, dan mengumpan. Disinilah peran seorang libero yang harus mengkoordinasi semua lini agar tidak mudah ditembus, dan dengan mudah melakukan serangan.
Bisa dikatakan sebuah tim baru dikatakan baik jika sudah ada seorang libero yang memberikan motivasi dan perannya dengan baik. Semua peran pemain harus solid dan tidak hanya mengandalkan libero saja, meskipun jumlah pemain dalam bola voli lebih sedikit daripada sepak bola tetapi jika setiap masing-masing pemain mampu menjalankan perannya maka niscaya bisa memenangkan pertandingan. Itulah tadi beberapa ketentuan dan peraturan dari seorang libero. Memang terlihat rumit dan cukup berat, namun tetap harus dijalankan dengan baik dan maksimal. Semoga informasi di atas dapat memberikan inspirasi tentang peran seorang libero dalam permainan bola voli.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ketentuan/ Peraturan Khusus Pemain Libero Dalam Permainan Bola Voli

0 comments:

Post a Comment