Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Bulutangkis yang Benar dan Efektif

Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Bulutangkis yang Benar dan Efektif. Siapa yang tidak mengenal olahraga bulutangkis? Salah satu permainan yang saat ini semakin banyak diminati ini ternyata memiliki teknik-teknik dasar seperti saat melakukan smash, netting, dan servis. Olahraga bulutangkis dapat dilakukan oleh semua usia, namun untuk menjadi pemain profesional dibutuhkan ketekunan dan kerja keras dalam latihan. Salah satu teknik yang menjadi modal awal sebuah permainan adalah servis. Teknik servis harus sepenuhnya dikuasai untuk bermain bultangkis. Ada tiga jenis servis dalam olahraga bulutangkis yakni servis pendek, servis tinggi, dan servis setengah tinggi. lalu bagaimana cara melakukannya?
Berikut ini beberapa langkah untuk melakukan servis:
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/03/melakukan-pukulan-servis-bulutangkis.html

Untuk Forehand Pendek
Servis forehand ini sering digunakan untuk pemain single, dan untuk melakukan servis forehand ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan diantaranya:
  • Untuk jenis servis forehand pendek shuttle cock harus dipukul dalam posisi pendek dengan maksud lawan tidak bisa melakukan pukulan smash. 
  • Sebisa mungkin shuttle cock melewati net dengan tipis dan jatuh tepat di area lawan.  
  • Anda bisa memukul shuttle cock secara pelan dengan sedikit menekuk siku dan sedikit memiringkan badan.  
  • Untuk arah servis bisa bervariasi dari lurus dan samping untuk mengecoh lawan.  
  • Dalam melakukan latihan servis forehand pendek ini gunakan banyak shuttle cock dan lakukan secara berulang-ulang.
Untuk Forehand Tinggi
  • Servis forehand tinggi biasanya digunakan dalam pertandingan tunggal atau single, dan dalam melakukannya shuttle cock harus dipukul keras hingga melambung tinggi kea rah bidang lawan
  • Untuk melakukan servis ini awalan badan agak sedikit menyamping menghadap ke arah tangan yang memegang raket. Usahakan dua kaki diuka cukup lebar dengan posisi kaki kiri di depan. 
  • Ayunan raket dari bawah ke atas harus terlihat tidak kaku dan usahakan shuttle cock tidak melewati garis belakang lawan. 
  • Setelah melakukan servis usahakan memasang kuda-kuda untuk menerima serangan dari lawan dan jangan lupa untuk selalu berkonsentrasi.
Servis Backhand
Servis backhand bisa dilakukan untuk permainan single dan ganda, namun untuk bisa mahir melakukan servis ini perlu latihan berkali-kali. Seorang profesional saja bisa salah dalam melakukannya. Servis backhand ini bisa menghasilkan arah shuttle cock yang tipis mendekati net atau bisa servis backhand lambung yang lebih berpotensi fault. Untuk melakukan servis ini ada beberapa langkah yang dilakukan yakni:
  • Shuttle cock sebisa mungkin melewati net dengan tipis sehingga membuat lawan kesulitan dalam mengembalikannya. 
  • Awalan dalam servis ini bertumpu pada kaki, jika Anda menggunakan tangan kanan maka kaki kanan harus berada di depan begitu sebaliknya.  
  • Pukul secara perlahan tetapi jangan terlalu pelan karena harus bisa menyeberang net dan jatuh di belakang garis depan lawan. Seringkali untuk mengecoh lawan servis backhand pendek dibuat melambung.
Itulah beberapa teknik dalam servis di bulutangkis semoga bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Bulutangkis yang Benar dan Efektif

0 comments:

Post a Comment