Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Beberapa Jenis Teknik Dasar Pukulan dalam Tenis Meja

Teknik memegang bet, posisi kaki dan pukulan akan sangat berpengaruh dalam permainan tenis meja. Oleh karena itu, perlunya mempelajari dan menguasai teknik-teknik dasar dalam tenis meja termasuk teknik dasar pukulan. Sebelum itu, akan dijelaskan teknik-teknik dasar lainnya seperti:

http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/jenis-pukulan-tenis-meja.html

Teknik memegang bet
  • Shakehand Grip
Cara ini adalah dengan memegang bet seperti berjabat tangan
  • Penhold Grip
Cara ini seperti halnya ketika sedang memegang pena
  • Seemiller Grip
Caranya hampir sama seperti penhold, namun bet bagian atas diputar 20 – 90 derajat ke arah tubuh.

Pengaturan Kaki (Two Step-Larry Hodges)

  • Lutut agak ditekuk 
  • Berat badan dibagi rata di kedua kaki
  • Berat badan ditumpukan pada ujung kaki
  • Saat akan melangkah ke kiri, kaki kiri digeser ke kiri dan berat badan dibebankan ke arah kaki kiri. Bila perlu, lakukan dua kali langkah caranya sama
  • Kaki kanan mengikuti kaki kiri, jika ingin melakukan forehand maka kaki kanan ditarik ke belakang sehingga sama seperti posisi awal melakukan pukulan forehand.
Tips:
Jika sudah melakukan pukulan, perhatikan arah bola dan kembali ke posisi awal. Bila ingin bergerak ke kiri, dorong dengan kaki kanan. Bila posisi tidak siap, bergerak ke arah belakang namun jika lawan memukul bola kita jangan bergerak.

Teknik Memukul Dasar

  • Pukulan Forehand
Pukulan ini dilakukan bila bola berada di sebelah kanan tubuh. Caranya adalah dengan merendahkan posisi tubuh, lalu gerakkan tangan yang memegang bet ke arah pinggang. Siku membentuk sudut 90 derajat, kemudian tinggal menggerakkan tangan ke depan tanpa mengubah siku.
  • Pukulan Backhand
Pukulan ini dilakukan jika bola berada di sebelah kiri badan. Caranya, rendahkan posisi tubuh lalu gerakkan tangan ke arah pinggang sebelah kiri (non-kidal) dengan sudut siku 90 derajat. Gerakkan tangan dan bet ke arah depan, serta jaga agar siku tetap 90 derajat dan lurus.

Jenis-Jenis Pukulan

  • Pukulan Drive
Drive ini memiliki ayunan yang panjang sehingga mampu menghasilkan pukulan datar dan keras serta memiliki tipe cepat. Cara melakukan forehand drive, yakni dengan menggerakkan bet ke arah depan ldan diikuti dengan perputaran badan ke arah depan, kira-kira badan berputar 30 derajat.
  • Pukulan Pus
 Pukulan push atau dorongan adalah backspin pasif yang biasa dilakukan untuk menghadapi backspin. Pukulan ini mampu menjaga supaya bola kembalian tidak melambung terlalu tinggi dari net. Caranya, perhatikan posisi bet agak tebuka, lalu gerakkan bet ke depan dan sedikit ke bawah. Usahakan agar bola tepat kena bet bagian tengah.
  • Pukulan Chop
Chop ialah pukulan backspin yang sifatnya bertahan. Persiapan chop sama dengan pukulan forehand, namun posisi bet agak terbuka. Gerakkan bet ke depan, condong ke bawah. Usahakan kontak dengan bola terjadi tepat di depan kanan badan.

Baca juga "peraturan permainan pingpong terbaru" dan "teknik dasar cara memegang bet ping pong yang benar".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Jenis Teknik Dasar Pukulan dalam Tenis Meja

1 comments: