Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Teknik Dasar Cara Memegang Bet Tenis Meja (Pingpong)yang Benar

Teknik Dasar Cara Memegang Bet Tenis Meja (Pingpong)yang Benar. Teknik memegang bet sangatlah menentukan keberjalanan pemain dalam melakukan permainan tenis meja. Keluwesan dan penguasaan pegangan bet akan memudahkan pemain untuk dapat bermain maksimal dan mematahkan lawan. Seperti permainan tenis pada umumnya, pegangan raket atau bet yang disebut dengan Grip ini intinya hampir sama. Di bawah ini, diantaranya teknik shakehand grip, penhold grip dan seemiller grip. Berikut penjelasannya.

Shakehand Grip
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/cara-memegang-bet-tenis-meja.html

Shakehand Grip sering digunakan dan cukup efektif untuk bertahan serta menyerang. Cara ini adalah dengan memegang bet seperti berjabat tangan. Dalam grip ini, sering terjadi kesalahan dan perbaikan yang meliputi pukulan forehand atau backhand terasa tidak stabil.
Cara :
  1. Jari manis dan kelingking memegang tangkai bet dan jari tangan juga ikut menempel 
  2. Jari telunjuk menempel di permukaan belakang bet
  3. Ibu jari ditempelkan di permukaan depan secara rileks di dekat jari tengah
Kelebihan : Efektif untuk bertahan dan menyerang
Kelemahan : pada pukulan forehand dan backhand kerap tidak stabil dan kadang perlu perbaikan
 
Penhold Grip
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/cara-memegang-bet-tenis-meja.html
Dari namanya, sudah bisa ditebak bagaimana cara memegang bet dengan menggunakan grip ini. Cara ini seperti halnya ketika sedang memegang pena dan memang hanya dipakai pada satu permukaan bet saja.  Ada dua cara memegang penhold, yakni model Jepang dan RRC. Namun pada intinya sebagai berikut
Cara :
  • Ibu jari bagian dalam bisa menempel gagang bet atau tidak menempel 
  • Jari telunjuk mengait pinggiran bet  menggunakan ruas ke dua
  • Jari manis dan kelingking di belakang bet
Kelebihan : Di satu sisi, grip ini efektif pada pukulan forehand dan cepat pada backhand
Kelemahan : Namun grip ini tidak efektif pada backhand meskipun dapat memukulnya dengan cepat.
 
Seemiller Grip
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/cara-memegang-bet-tenis-meja.html
Sering disebut sebagai American grip, grip ini adalah versi lain shakehand grip. Caranya hampir sama, namun bedanya, seemiller grip, bet bagian atas diputar 20 – 90 derajat ke arah tubuh. Grip ini dapat memudahkan melakukan blok, menguasai permainan di tengah meja dan melakukan perubahan sisi bet saat permainan berlangsung. Namun, seemiller grip juga sulit melakukan pukulan sudut, backhand yang jauh dari meja dan tidak efektif untuk pola bertahan.
Kelebihan : mudah melakukan blok dan menguasai permainan di tengah meja, melakukan perubahan sisi bet saat permainan berlangsung dan memudahkan gerakkan tangan melakukan forehand
Kelemahan : Kesulitan melakukan pukulan sudut, backhand yang jauh dari meja dan tidak efektif untuk pola bertahan.
Demikian pembahasan seputar teknik-teknik dasar cara memegang bet dalam bermain tenis meja atau pingpong. Selamat berlatih, semoga artikel kali ini bermanfaat. Baca juga "macam-macam teknik dasar pukulan dalam tenis meja" dan "ukuran lapangan/ meja bidang permainan ping pong".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teknik Dasar Cara Memegang Bet Tenis Meja (Pingpong)yang Benar

0 comments:

Post a Comment