Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Ukuran Meja Bidang Lapangan Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya

Ukuran Meja Bidang Lapangan Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya. Tenis meja adalah permainan klasik yang telah mendunia dan masih berkembang sampai hari ini. Tenis meja yang sering kali kerap ditemui di beberapa tempat termasuk perkampungan, bahkan juga menjadi pertandingan yang dilombakan. Memiliki sebutan lain ping pong, tenis meja ini cukup banyak dimainkan oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Tenis meja berbeda dengan tenis lapangan yang membutuhkan lapangan cukup luas dan jala yang lebih besar. Tenis meja juga berbeda karena seperti namanya, tenis meja menggunakan media meja sebagai lapangannya. Bola dan raket khusus tenis meja juga berbeda, lebih ringan (bola) dan lebih kecil (bet) serta aturan lain yang juga berbeda. Konon, dulunya tenis meja yang berasal dari Inggris dan turut berkembang di Amerika Serikat dan Prancis ini menggunakan media meja makan untuk memainkannya. Seiring pergantian zaman dan semakin modernnya dunia kita, tenis mejapun ikut berkembang hingga sekarang.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/ukuran-meja-bidang-lapangan-tenis-meja.html

Standar Resmi Permainan Tenis Meja
Sama seperti permainan atau olahraga lainnya, tenis meja menjadi satu pertandingan yang telah memiliki standar internasional resmi. Standar ini meliputi aturan-aturan dan ukuran-ukuran dalam komponen permainannya, seperti meja lapangan, bola, bet (raket khusus tenis meja), net (jala pemisah), dan aturan permainan lainnya. Tak hanya sepak bola atau olah raga lain yang membutuhkan teknik-teknik jitu, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pemain tenis meja dan beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai untuk memaksimalkan permainan ini sekaligus menjatuhkan lawan dan memenangkan pertandingan.
Sebelum melakukan pertandingan, lapangan permainan tenis yang berupa meja (tennis table) haruslah sesuai standar yang berlaku agar pertandingan dapat dinilai sama antara satu dengan lainnya. Pada umumnya, warna dasar meja tenis ialah hijau dengan garis yang berwarna putih.Selain meja yang berbentuk persegi, di meja tersebut juga masih terdapat komponen-komponen lainnya. Berikut akan dijelaskan mengenai ukuran meja permainan tenis meja beserta gambarnya, termasukk net dan tiang net.
Ukuran Meja Tenis Meja (Tennis Table)
  • Panjang meja sebesar 274 cm 
  • Lebar meja sebesar 152,5 cm
  • Tebal garis sisi sebesar 2 cm
  • Tinggi meja dari lantai lapangan yakni 76 cm
  • Luas meja sebesar 4,1785 meter persegi
Ukuran Tiang Net Tenis Meja
  • Jarak meja ke tiang sebesar 15,25 cm 
  • Luas net sebesar 0,279075 meter2
Ukuran Net (jala) Tenis Meja
  • Panjang net sebesar 183 cm
  • Lebar atau tinggi net sebesar 15,25 cm
Demikian informasi singkat seputar standar-standar ukuran berikut ukuran meja yang digunakan dalam permainan tenis meja. Adapun komponen lain yang perlu diperhatikan sesuai peraturannya ialah bola, bet, dan sebagainya. Semoga artikel kali ini bermanfaat, salam olah raga! Baca juga "cara memegang bet tenis meja yang baik dan benar" dan "berbagai perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan tenis meja".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ukuran Meja Bidang Lapangan Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya

0 comments:

Post a Comment