Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Macam-Macam Teknik Dasar Yang Harus Dikuasai Pemain Bulutangkis

Macam-macam teknik dasar yang harus dikuasai pemain bulutangkis, pertama kali pada saat ingin bermain bulutangkis adalah memahami tentang bagaimana cara yang benar untuk memegang sebuah raket dan aturan permainannya, ada pula teknik dasar agar bermain bulutangkis menjadi lebih menyenangkan, dengan mengetahui teknik dasar permainan bulutangkis maka seseorang akan terbiasa untuk mengembangkan dan memantapkan cara bermainnya. Ada pun penjelasan lebih rinci tentang teknik dasar yang harus dikuasai:
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/macam-macam-teknik-dasar-bulutangkis.html

Memegang raket pada saat permainan bulu tangkis mempunyai cara cara tersendiri dan cara ini pula yang akan mengantarkan anda pada permainan yang keren.
Ada tiga cara untuk memegang raket:
  • Pegangan dasar (forehand)
Raket harus dipegang dalam posisi yang miring, lalu ibu jari dan jari telunjuk harus menempel di tangkai raket yang sempit, dan saat memegang reaket tidak di anjurkan untuk berubah-ubah.
Keuntungan pada teknik forehand adalah pegangan ini sangat mudah untuk melakukan pukulan bola yang ada di sebelah kanan dari tubuh kita dan sehingga bolanya akan sangat mudah dipukul dengan cara pukulan forehand, dan lebih enak lagi pukulan forehand tidak perlu memutar-mutarkan pegangan raket.
Kelemahannya adalah harus memerlukan kekuatan pada pergelangan tangan dan pada sendi bahu, sehingga akan terasa cepat cape, dan lalu akan mengalami kesulitan pada saar ingin mengembalikan bola yang ada di depan net.
  • Pegangan backhand
Caranya adalah raket harus dipegang dalam keadaan posisi benar-benar miring, dan pada saat memegang raket ibu jari harus berada di bagian belakang raket sedangkan jari-jari tangan lainnya harus diletakan pada bagian depan raket.
Keuntungannya adalah jika memukul bola dengan pegangan seperti ini dapat membuat arah bola menjadi sulit diduga oleh lawan, dan bola yang telah di pukul akan dapat melesat dengan sangat cepat dan keras.
Kelemahannya adalah pemain akan mendapatkan kesulitan jika ada bola keras yang mengarah ke samping kanan badannya, dan lalu jika ada pukulan lawan yang arah bolanya menuju pada tubuh maka akan sangat sulit untuk dikembalikan.
  • Pegangan pukul kasur atau Amerika
Pertama-tama raket diletakkan harus secara mendatar di atas lantai, lalu ambil dan pegang lah raket pada pegangannya itu, dengan seperti itu jika ibu jari dan jari telunjuk sudah menempel pada bagian permukaan yang lebar maka pegangan tersebut sudah benar.

Keuntungan dari pegangan Amerika adalah sangat bagus untuk melakukan pukulan smash pada bola yang ada pada depan net, sangat baik untuk memukul bola yang jatuh dari atas akibat lob, dan sangat mudah untuk mengarahkan bola kekanan atau kekiri. Namun kelemahannya adalah pegangan Amerika ini sangat kurang efektif untuk melakukan pukulan backhand. Semoga bermanfaat, lihat juga "peraturan bulutangkis" dan "beberapa jenis pukulan dalam badminton".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-Macam Teknik Dasar Yang Harus Dikuasai Pemain Bulutangkis

0 comments:

Post a Comment