Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Pengertian Rebound Dalam Permainan Basket Dan Bentuk – Bentuk Latihannya

Pengertian Rebound Dalam Permainan Basket Dan Bentuk – Bentuk Latihannya. Rebound merupakan salah satu istilah yang dipakai dalam olahraga basket dimana pemain mendapatkan bola pantul yang gagal masuk ring. Para pemain yang biasanya melakukan rebound adalah mereka yang berada di posisi power forward juga center. Pemain yang memiliki tinggi badan lebih tinggi daripada pemain lain serta pemain yang tengah berada di dekat ring biasanya dapat melakukan rebound lebih efektif dibandingkan yang lain.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/pengertian-rebound-dalam-basket.html
Cara melakukan rebound:
Untuk melakukan teknik dasar rebound, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Kedua kaki dibuka dengan sikap ingin melakukan loncatan 
  2. Meloncat setinggi mungkin dengan bantuan gerakan tangan
  3. Ketika meloncat, pastikan badan lurus dengan kedua tangan yang lurus ke atas
  4. Pandangan mata harus fokus pada arah datangnya bola
  5. Ketika mencapai loncatan tertinggi, tangkap bola dan tarik ke depan dada
  6. Lakukan pendaratan dengan menggunakan kedua kaki
  7. Saat melakukan pendaratan, pastikan kaki tidak kaku namun rileks.
Ada 2 jenis rebound yang dikenal yaitu:
  • Offensive rebound yang biasanya terjadi ketika seorang pemain mendapatkan bola pantul dari teman yang gagal melakukan tembakan 
  • Defensive rebound: terjadi ketika pemain mendapat bola pantul karena lawan gagal memasukkan bola ke ring
Dalam permainan bola basket, defensive rebound sering terjadi karena pebasket lebih dekat dengan ring dibandingkan dengan tim lawan.
 
Bentuk latihan rebound
Untuk menguasai teknik rebound dengan baik dapat dilakukan dengan cara melakukan latihan – latihan berikut ini:
  • Latihan menyentuh ring basket
Latihan ini berguna untuk membuat lompatan lebih tepat sasaran dan eksplosif. Cara melakukannya cukup mudah yaitu dengan cara melompat setinggi mungkin lalu cobalah menyentuh ring basket.
  • Latihan tips
Cara melakukan latihan ini cukup mudah yaitu dengan memantulkan bola menggunakan satu tangan kiri sbanyak lima kali sembari melompat. Pantulan terakhir dilakukan dengan memasukkan bola ke ring. Selanjutnya, lakukan hal yang sama menggunakan tangan kanan. Lakukan kontrol bola dengan baik.
  • Latihan box out
Latihan yang satu ini dapat dilakukan dengan mencari 2 orang sebagai partner bermain. Cara melakukannya cukup mudah yaitu diawali dengan berhadapan dengan partner I. Selanjutnya partner II bertindak sebagai pemain yang melakukan shooting ke arah ring. Pastikan bola tidak masuk ke dalam ring, lalu lakukan rebound pada bolanya. Pemain dapat melindungi bola di dekat dagu yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan gerakan pivot.
 
Untuk dapat menguasai teknik melakukan rebound yang baik, maka latihan di atas dapat secara rutin dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemain. Baca juga "latihan cara mendribble bola basket" dan "pengertian, tujuan, dan cara melakukan pivot bola basket".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Rebound Dalam Permainan Basket Dan Bentuk – Bentuk Latihannya

1 comments: