Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Pengertian Dan Tujuan Teknik Pivot Dalam Bola Basket Beserta Cara Melakukannya

Pengertian Dan Tujuan Teknik Pivot Dalam Bola Basket Beserta Cara Melakukannya. Memahami teknik dasar bermain bola basket membantu pemain untuk lebih mahir dalam menguasai permainan. Ada beberapa macam gerakan dasar dalam permainan bola basket seperti passing, catching, jump shoot, dribbling, shooting dan pivot. Pivot sendiri merupakan gerakan berputar menggunakan satu kaki sebagai poros dengan kedua tangan memegang bola. Gerakan ini berguna untuk melindungi bola dari sergapan lawan. Dalam bermain bola basket, pemain yang membawa bola tidak diperkenankan melangkah tanpa memantulkan bola ke lantai. Teknik pivot digunakan untuk mengatasi peraturan tersebut. 
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/teknik-pivot-bola-basket.html
Dalam melakukan gerakan pivot pastikan salah satu kaki yang berperan sebagai poros tidak menggeser akibat gerakan berputar yang tengah dilakukan. Gerakan memutar pada teknik ini dapat dilakukan hingga 360 derajat. Terdapat 2 macam cara melakukan pivot yaitu gerakan berputar ke arah belakang serta gerakan berputar pada arah depan.

Terdapat 3 jenis gerakan pivot dalam permainan bola basket yaitu:
Gerakan yang dapat dilakukan setelah melakukan pivot antara lain:
  • Pivot  dilanjutkan dribble (saat membawa bola) 
  • Pivot dilakukan shooting (saat menembakan bola ke ring lawan)
  • Pivot dilakukan passing (melempar bola)
Teknik dalam melakukan gerakan dasar pivot:
Teknik dalam melakukan pivot dapat dilakukan dengan cara berikut:
  • Gunakan salah satu kaki sebagai poros untuk menyangga berat badan tubuh (kaki yang berperan sebagai poros, tidak boleh digerakkan sepanjang melakukan pivot karena jika terjadi, maka akan terjadi pelanggaran). 
  • Gunakan kaki untuk melangkah ke segala arah. Kaki yang satu tetap bertahan sebagai poros.
  • Selesai melakukan pivot, kembalilah ke sikap dasar dan bersiap untuk melakukan langkah yang selanjutnya.
Latihan melakukan gerakan pivot di atas ditujukan bagi mereka yang masih baru atau pemula. Melakukan pivot dalam permainan basket membantu seseorang untuk mengelabui lawan melalui gerakan berputar yang dapat dilakukan ke segala arah. Selain itu pivot dapat juga dilakukan sebagai persiapan dalam melakukan shooting ke arah ring lawan atau saat akan mengoper bola pada rekan. Seorang penyerang yang telah mahir, biasanya menggunakan pivot untuk membuat lawan kesulitan menghentikan serangannya.
Bentuk gerakan pivot:
  • In front pivot 
  • Reverse pivot
Dalam melakukan gerakan pivot , anda dapat memilih kaki mana yang akan digunakan sebagai poros dan kaki mana yang akan digunakan untuk melakukan putaran. Putaran yang dilakukan dapat dilakukan ke segala arah sebagai usaha dalam menjauhkan lawan untuk menyergap bola. Gunakan salah satu kaki sebagai basis gerakan dan kaki lain sebagai poros. Semoga bermanfaat, baca juga "pengertian rebound dalam permainan bola basket" dan "jenis-jenis teknik shooting dalam bola basket".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dan Tujuan Teknik Pivot Dalam Bola Basket Beserta Cara Melakukannya

0 comments:

Post a Comment