Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Pengertian Teknik Dasar Under Pass Dalam Bola Basket Dan Cara Melakukannya

Pengertian Teknik Dasar Under Pass Dalam Bola Basket Dan Cara Melakukannya. Permainan bola basket merupakan permainan yang membutuhkan pemahaman akan dasar permainan serta kekuatan dan cara berpikir yang cepat.  Pemain basket dapat menguasai teknik permainan dengan cara meluangkan waktunya secara rutin untuk bermain basket. Ada beberapa posisi penting dalam permainan bola basket seperti guard, forward, center serta defender yang harus diisi sesuai dengan kemampuan dari masing – masing pemain. Selain itu, postur tubuh juga cukup menentukan diisinya suatu posisi.
Salah satu teknik dasar dalam bermain bola basket adalah teknik mengoper atau passing. Dalam melakukan operan tentu tidak semudah yang dibayangkan perlu latihan khusus untuk membuat operan yang dilakukan menjadi lebih baik agar tepat sasaran. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan operan seperti:
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/pengertian-teknik-dasar-under-pass.html

  • Dimana bola akan diarahkan sehingga terhindar dari sergapan lawan 
  • Waktu pelaksanaan yang harus tepat
  • Perasaan 
  • Hindari cara melempar bola yang menyilang
Salah satu teknik dasar mengoper bola adalah dengan cara melakukan under pass. Under pass merupakan salah satu teknik operan dalam olahraga basket yang dilakukan dari jarak yang dekat dengan arah bola lurus menuju rekan satu tim dan dilakukan dari bawah. Teknik under pass dapat dilakukan dengan cara:
  • Menyiapkan posisi 
  • Operkan bola dari bawah atau yang lebih tepatnya adalah sepinggang
  • Arahkan bola lurus ke arah teman yang masih satu tim
  • Lakukan teknik ini untuk melakukan operan dengan jarak pendek atau dekat dengan teman
Selain teknik dasar under pass, ada beberapa jenis pass lainya yang harus dikuasai oleh seorang pemain yaitu:
  • Chest pass: operan ini dilakukan dari depan dada. Lemparan ini dilakukan dengan cara melempar arah lurus menggunakan kedua tangan. 
  • Bounce pass: dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai untuk menghindari hadangan dari lawan.
  • Overhead pass: operan ini biasanya dilakukan untuk jarak jauh kedepan. Overhead pass biasanya dilakukan untuk melakukan counter attack dengan cara mengarahkan bola jauh ke area lawan.
  • Hook pass: operan yang dilakukan dengan menggunakan satu tangan. Operan ini dilakukan seperti saat melakukan pukulan hook. 
  • Baseball pass:  diberi nama baseball pass karena gaya yang dilakukan seperti saat melakukan lemparan pada olahraga baseball. Lemparan ini dilakukan menggunakan tenaga yang kuat dan hanya dengan satu tangan.
Dalam melakukan operan tentu diharuskan pintar – pintar dalam memahami situasi supaya lemparan yang dihasilkan dapat berhasil tepat di tangan teman. Memahami situasi dengan tepat serta teknik operan yang akurat daat meningkatkan peluang terhindarnya bola dai rebutan lawan. Baca juga "cara melakukan operan baseball pass dalam bola basket" dan "melatih teknik dasar dribble bola basket yang benar".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Teknik Dasar Under Pass Dalam Bola Basket Dan Cara Melakukannya

0 comments:

Post a Comment