Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Pengertian dan Sejarah Singkat Perkembangan Olahraga Tenis Meja

Pengertian dan Sejarah Singkat Perkembangan Olahraga Tenis Meja. Tenis meja atau ping pong ialah permainan yang sudah mendunia dan banyak digemari di Indonesia. Permainan ini kurang lebih sama dengan tenis lapangan, yakni sama-sama menggunakan bola yang dipukul dengan raket. Namun raket dan bolanya berbeda, demikian halnya dengan perangkat permainan lainnya. Bila tenis lapangan menggunakan langsung media tanah atau lapangan sebagai alas permainannya, maka tenis meja menggunakan meja sebagai alasnya. Bola yang digunakan juga berbeda antara tenis lapangan dengan tenis meja. Apabila bola pada tenis lapangan cukup berat dan terbuat dari karet yang berlapis bulu optik, sedangkan bola pada tenis meja lebih ringan dari bahan selulosa atau plastik yang tidak mengkilat. Sedangkan net atau jaringnya lebih kecil dari net pada tenis lapangan.
Permainan ini cukup merakyat dan menyenangkan, karena cukup mudah dimainkan oleh berbagai kalangan meski termasuk permainan lama. Terkadang tenis meja juga dapat ditemui di sudut-sudut kampung atau pemukiman. Berikut akan dijelaskan pengertian dan sejarah singkat tentang perkembangan olahraga tenis meja.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/sejarah-singkat-tenis-meja.html

Pengertian Olah Raga Tenis Meja
Tenis meja atau yang lebih mudah disebut dengan ping pong ialah  cabang olahraga yang dimainkan di lapangan yang berbentuk meja dan menggunakan bet di tengahnya. Hampir serupa dengan tenis lapangan, namun permainan ini disebut tenis meja karena medianya yang menggunakan meja.
Sejarah Singkat Perkembangan Tenis Meja
Meski nama lain tenis meja adalah ping pong, namun permainan ini berasal dari Inggris. Awal mulanya, pemain tenis meja memainkan olahraga ringan ini sebagai hobi sosial yang kemudian mencuat di akhir tahun 1800-an. Selain Inggris, tenis meja juga populer di Amerika Serikat pada tahun 1900-an. Perangkat pertama yang digunakan untuk bermain ialah meja makan dan bola ringan yang terbuat dari gabus. Mereka juga menyebut permainan ini dengan sebutan gossima, flim-flam dan juga ping pong. Seiring berkembangnya zaman, tenis meja mulai berkembang dan memiliki sejumlah peraturan dalam permainannya. Sejumlah perubahan juga nampak dari bola maupun betnya. Ada yang memperkenalkan bola seluloid, atau menambahkan karet pada betnya yang terbuat dari kayu seperti yang kita lihat pada hari ini. Meja yang digunakan sebagai lapagan juga bukan lagi menggunakan meja makan.
Pada saat ini, tenis meja atau pingpong telah mendunia menjadi permainan tingkat internasional yang memiliki sejumlah standar permainan dan dimainkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Entah sebagai permainan santai atau pertandingan resmi. Sejumlah peraturan tersebut diantaranya peraturan dan ukuran tentang meja, bet, bola, net, cara permainan, pemberian skor, urutan permainan, penetapan let, game, aturan memilih servis, dan sebagainya.
Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian dan sejarah singkat perkembangan tenis meja. Lihat juga "peraturan permainan ping pong terbaru" dan "ukuran meja atau bidang lapangan ping pong beserta gambarnya".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Sejarah Singkat Perkembangan Olahraga Tenis Meja

0 comments:

Post a Comment