Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Cara Melakukan Teknik Dasar Passing Dalam Olahraga Bola Basket - Overhead Pass

Cara Melakukan Teknik Dasar Passing Dalam Olahraga Bola Basket  - Overhead Pass. Bola basket merupakan salah satu jenis permainan yang kini telah banyak dilombakan antar negara. Bola basket sendiri ditemukan oleh James A. Naismith pada tahun 1891 di Amerika Serikat. Awalnya permainan basket diciptakan untuk mengisi waktu senggang bagi para prajurit Amerika Serikat. Permainan ini kemudian dibawa oleh Tonny When Dai Wimlatumenten pada tahun 1948 ke Indonesia. 
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/teknik-dasar-passing-overhead-pass.html

Ada beberapa teknik yang harus dikuasai dalam melakukan permainan basket seperti teknik mendribble bola serta teknik dasar passing. Teknik dribble dilakukan untuk membawa bola ke arah pertahanan lawan sementara teknik dasar passing biasanya dilakukan dengan cara mengoper bola pada rekan supaya selamat dari incaran lawan. Ada beberapa teknik dasar passing seperti: bounce pass, chest pass, under pass, baseball pass serta over head pass. Untuk menjadi pemain yang baik dalam permainan bola basket tentu dibutuhkan pemahaman akan teknik dasar yang baik. Pemahaman yang baik dapat dimulai dengan mempelajari petunjuk permainan seperti mempelajari teknik, dasar – dasar serta strategi. Salah satu hal penting dalam permainan bola basket yang tidak boleh dilewatkan adalah teknik mengoper  atau passing.
Salah satu jenis passing yang cukup banyak dilakukan adalah overhead pass. Overhead pass merupakan salah satu operan yang dilakukan dengan cara mengoper di atas kepala ke arah rekan terdekat. Overhead pass biasanya dilakukan oleh pemain yang memiliki postur tubuh tinggi saat dihadapkan lawan yang lebih kecil. Hal ini membantu pemain dalam menyelamatkan bola dari incaran lawan. Overhead pass akan lebih efektif digunakan ketika pemain tengah dijaga ketat oleh lawan sehingga membutuhkan cara untuk melindungi bolanya.
Cara melakukan overhead pass:
Dalam melakukan overhead pass tentu dibutuhkan pemahaman teknik dasarnya supaya operan yang dilakukan lebih akurat dan dapat dilakukan dengan tepat.
  1. Langkah pertama adalah dengan cara memegang bola lalu posisikan sedikit di depan dahi di atas kepala. 
  2. Selanjutnya lemparkan bola dengan cara menekuk pergelangan tangan dengan arah sedikit menyerong ke bawah. Lakukan sembari meluruskan tangan.
  3. Lepaskan bola menggunakan jentikan dari ujung jari tangan.
Cara melakukan overhead pass di atas dapat membantu pemain menjadi lebih hebat dalam melakukan operan terutama dalam melakukan operan jenis ini. Overhead pass biasanya merupakan operan yang dilakukan untuk jarak jauh kedepan. Operan ini biasanya membuat bola melambung tinggi ke atas kepala lawan dan dilakukan dari atas kepala. Operan ini tentu efektif dilakukan jika lawan yang tengah menghadang lebih kecil dari pemain yang melakukan operan. Semoga bermanfaat, baca juga "kegunaan passing bounce pass dan cara melakukannya" dan "pengertian dan cara melakukan chest pass bola basket".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Melakukan Teknik Dasar Passing Dalam Olahraga Bola Basket - Overhead Pass

0 comments:

Post a Comment