Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Pengertian dan Cara Melakukan Pukulan Push dalam Permainan Tenis Meja

Pengertian dan Cara Melakukan Pukulan Push dalam Permainan Tenis Meja. Tenis meja adalah olah raga yang menggunakan meja sebagai lapangannya. Terdiri dari dua pemain yang saling berlawanan, permainan ini membutuhkan bola dan juga alat pemukul (Bet) untuk dapat mencetak skor. Di dalam permainan tenis meja yang merupakan olah raga yang telah mendunia, terdapat sejumlah teknik tertentu. Teknik-teknik tersebut merupakan rahasia permainan tenis meja yang mampu membuat pemain lebih maksimal dalam pertandingan, serta memudahkannya untuk menguasai permainan dan mematahkan lawannya. Sebelum mengetahui tentang teknik pukulan push dan caranya, berikut ini teknik-teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu:
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/01/cara-melakukan-pukulan-push-tenis.html
Teknik Pegangan (Grip) Bet
Shakehand Grip    : Posisi tangan seperti berjabat tangan
Penhold Grip        : Posisi tangan seperti memegang pena
Seemiller Grip        : Posisi tangan seperti berjabat tangan dan bet bagian atas diputar 20o - 90o ke arah tubuh, jari telunjuk menempel di sepanjang sisi bet.


Teknik Memukul dalam Tenis meja
Ada dua macam teknik pukulan dasar, yakni forehand dan backhand.
Forehand
Teknik ini dilakukan bila bola berada di sebelah kanan tubuh. Caranya, rendahkan posisi tubuh dan gerakkan tangan yang memegang bet ke arah pinggang. Siku membentuk sudut 90o, lalu tinggal gerakkan tangan tanpa merubah siku
Backhand
Pukulan ini dilakukan bila bola di sebelqah kiri badan. Caranya, rendahkan posisi tubuh dan gerakkan tangan ke arah pinggang kiri dengan sudut siku 90o, kemudian gerakkan tangan dan bet ke arah depan dengan siku tetap dan bet tetap lurus.

Pengertian Teknik Pukulan Push dalam Tenis Meja
Push artinya mendorong. Seperti namanya, teknik push adalah sebuah teknik dorongan. Menurut Larry Hodges, teknik pukulan atau forehand push adalah pukulan backspin pasif yang dilakukan untuk menghadapi backspin. Pukulan tersebut mampu menjaga agar bole tidak melambung terlalu tinggi dari net.

Cara Melakukan Pukulan Push dalam Tenis Meja
Untuk dapat melakukan pukulan push dalam menghadapi bacskpin, berikut ini langkah yang harus diperhatikan:
  1. Persiapkan diri 
  2. Perhatikan dan pastikan posisi bet sedikit terbuka
  3. Tarik tangan ke belakang dan sedikit ke atas berputar pada siku
  4. Lekukkan pergelangan tangan ke belakang
  5. Gerakkan bet ke arah depan dan sedikit ke bawah, bertumpu pada siku
  6. Pastikan bola mengenai bagian tengah bet
  7. Pukul bola secara forehand atau backhand
  8. Pastikan kontak bola hanya terjadi gesekan, namun tetap kuat agar dapat menghasilkan bola backspin yang sempurna.
  9. Usahakan perkenaan bola di sebelah kiri mendekati bagian tengah tubuh.
Nah, itu sedikit penjelasan tentang pukulan-pukulan yang digunakan di dalam permainan tenis meja, termasuk pengertian dan langkah-langkah forehand push. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Selamat berlatih dan salam olah raga! Baca juga "teknik dasar cara melakukan pukulan drive pingpong" dan "cara melakukan pukulan smash tenis meja yang mematikan".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Cara Melakukan Pukulan Push dalam Permainan Tenis Meja

0 comments:

Post a Comment