Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Tenis Lapangan

Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Tenis Lapangan. Selain bulu tangkis, istilah smash juga dikenal dalam tenis lapangan. Namun tidak semua pukulan smash dapat menguntungkan bagi pemain. Di dalam permainan tenis, pemegang servis memang posisi yang untung sebab pemain dapat melakukan kontrol permainan melalui servis yang keras dan akurat. Perlu diperhatikan pula bahwa dalam level pemain rekreasional, sering dijumpai servis yang justru merupakan kerugian, dan poin terbuang percuma karena dua kali membuat kesalahan. Oleh karenanya, berlatih melakukan servis secara baik akan sangat membantu.  Lalu, bagaimana sebenarnya cara atau langkah-langkah dalam melakukan pukulan servis pada permainan tenis lapangan?
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/servis-dalam-tenis-lapangan.html

Berikut ini langkah, cara dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan ppukulan servis dalam permainan tenis lapangan.
1. Lakukan flat serve terlebih dahulu
Mulailah dengan melakukan pukulan datar atau flat serve. Setelah itu lakukan pukulan-pukulan yang lain seperti kick serve, twist serve dan sebagainya. Saat bermain tunggal, pemain berdiri di dekat tanda titik tengah garis belakang. Saat bermain ganda, pemain berdiri menjauh dari titik tengah sesuai serve yang akan dilakukan dan srategi yang direncanakan.
 
2. Pegang raket dengan pegangan continental
Berdiri di belakang garis baseline. Pusatkan pikiran untuk fokus ke arah bola yang berada di area servis lawan. Posisikan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, dengan arah kaki paralel terhadap  garis baseline. Gunakan grip atau ppegangan raket continental dalam melakukan servis.
 
3. Lambungkan bola dan pindahkan berat badan ke depan
Lambungkan bola ke atas, sekitar depan kepala setinggi kira-kira 20-30 cm di sebelah kanan badan. Kunci toss yang baik ialah tangan yang melempar bola, lurus ke atas sehingga trayek bola juga lurus. Pindahkan berat badan ke kaki belakang.
 
4. Posisi raket seperti hendak diputar dan lutut di bengkokkan
Jika bola telah melambung, ayunkan raket ke belakang. Tetap arahkan mata pada bola dan gunakan tangan yang melempar bola sebagai patokan dalam memukul bola.
 
5. Luruskan kaki saat hendak memukul bola
Saat bola sudah di titik kontaknya, ayunkan raket ke depan. Pada saat inilah, berat badan dipindahkan dari kaki belakang ke kaki depan dan lutut dibengkokkan. Hal ini untuk memberikan tenaga pada pukulan servis yang telah dilakukan.
 
6. Jaga keseimbangan badan
Setelah selesai kontak dengan bola, jagalah keseumbangan badan dankemudian lakukan followthrough dan bersiap kembali pada posisi untuk melakukan pukulan selanjutnya.
 
Pada pemain tenis lapangan pemula, melakukan servis yang konsisten dan terarah memang bukanlah hal yang mudah . Akan tetapi dengan latihan dan pengalaman, maka pemain pemula akan terbiasa dengan servis. Selamat berlatih, semoga bermanfaat untuk menunjang permainan tenis lapangan.. Baca juga "cara melakukan pukulan overhead smash tenis lapangan" dan "macam-macam teknik dasar pukulan dalam tenis lapangan".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Tenis Lapangan

0 comments:

Post a Comment