Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional FIFA dan Gambarnya

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional FIFA dan Gambarnya. Sepak bola memang merupakan salah satu olah raga yang murah dan idola di seluruh dunia. FIFA atau Federation of International Football Association juga telah menetapkan standar-standar resmi internasional yang harus dipatuhi dalam olah raga sepak bola ini. FIFA telah menetapkan standar-standar dalam pertandingan sepak bola di tiap negara. Termasuk bentuk lapangan, tinggi gawang, lamanya pertandingan serta ukuran lapangannya. Meskipun pada beberapa pertandingan, ukuran lapangan sepak bola tidaklah terlalu sama.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/ukuran-lapangan-sepak-bola-standar.html
Lapangan Sepak Bola

  • Bentuk lapangan sepak bola
Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Disamping itu, lapangan sepak bola biasanya juga telah ditanami rumput asli yang hijau ataupun rumput yang sintetis.
  • Ukuran panjang dan Lebar lapangan secara keseluruhan
Setiap lapangan sepak bola memang tidak memiliki ukuran yang sama persisnya. Namun FIFA sudah menetapkan ukuran standarnya, yaitu:
ukuran panjang lapangan 90 - 120 meter
ukuran lebar lapangan 45 - 90 meter
  • Ukuran panjang dan Lebar lapangan saat pertandingan di level internasional
ukuran panjang lapangan 100 - 110 meter
ukuran lebar lapangan 64 - 75 meter
  • Garis tengah lapangan
Garis tengah pada lapangan sepak bola berada di tengah lapangan. Garis ini membagi lapangan sepak bola menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama-sama besarnya.
  • Lingkaran tengah lapangan
Di tengah lapangan sepak bola juga terdapat lingkaran yang besarnya sebesar 9,15 meter. Di garis tengah inilah kick off atau pertandingan sepak bola dimulai.
  • Gawang Sepak Bola
Ukuran tinggi dan lebar gawang sepak bola
  1. lebar gawang sebesar 7,32 meter 
  2. tinggi gawang sebesar 2,44 meter
  3. garis gawang luar/ area pinalti sebesar 40,3 meter X 16,5 meter
  4. titik penalti sebesar 11 meter dari gawang
  5. area penjaga gawang berukuran panjang 16,5 meter dan luas 40 meter.
Peraturan lain dalam gawang
Di area gawang ini terdapat kotak persegi yang menjadi daerah kekuasaan penjaga gawang. Di area ini, penjaga gawang hanya diperbolehkan menggunakan tangan untuk mengambil bola. Dengan adanya pembatasan berupa kotak di area gawang, maka penjaga gawang tidak boleh melanggar peraturan serta tidak boleh melewati batas yang ditentukan. Penjaga gawang dapat dikenai sanksi kartu kuning oleh kiper bila melewati batas tersebut.
  • Waktu lamanya pertandingan sepak bola
Waktu normal yakni 2 x 45 menit plus injury time
45 menit pertama akan diberikan waktu istirahat 15 menit, dimana perpanjangan waktu ditambahkan 2 x 15 menit.

Demikian ukuran-ukuran standart dalam pertandingan sepak bola yang secara resmi telah ditetapkan oleh Federation of International Football Association (FIFA). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang sepak bola. Baca juga "cara mendribling dalam sepak bola" dan "macam-macam teknik dasar mengontrol bola".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional FIFA dan Gambarnya

0 comments:

Post a Comment