Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Olahraga Sepak Takraw

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Olahraga Sepak Takraw. Mungkin Anda pernah mendengar atau melihat secara langsung olahraga sepak takraw, dalam permainannya terdiri dari 4 orang dengan menggunakan sepatu khusus dan bola khusus sepak takraw menunjukkan atraksi akrobatik layaknya permainan sepak bola. Memang permainan ini sudah tidak asing lagi di Indonesia dan sering dilombakan pada event-event tertentu. Tetapi tidak berbeda jauh dari cabang olahraga lainnya, sepak takraw ini memiliki kisah sejarah yang menarik untuk disimak. Lalu apa saja kisah sejarahnya, berikut ulasannya.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/03/sejarah-perkembangan-sepak-takraw.html

Kisah sejarah perkembangan permainan olahraga sepak takraw:
1. Bukti sejarah pertama yang berhasil diungkap adalah pada abad ke 15 dimana pada saat itu kesultanan Malaka yang dipimpin oleh Raja Muhammad tidak sengaja terkena bola dari rotan yang pada saat itu dimainkan oleh Tun besar yang merupakan putra dari Tun Perak. Akibat terkena bola rotan tersebut Raja Muhammad murka dan ingin berniat membunuh Tun besar, namun usahanya selalu digagalkan oleh Tun perak.
 
2. Perkembangan olahraga sepak takraw juga terdapat di negara Thailand dimana dari sejarahnya olahraga ini sudah ada sejak masa pemerintahan Raja Naresuan pada tahun 1590 hingga 1805. Perkembangan sepak takraw pada masa itu mengalami perubahan, tetapi sepak takraw versi modern baru muncul di Thailand pada tahun 1740 an.
 
3. Pada tahun 1866 asosiasi olahraga Malaysia menerapkan peraturan dimana gaya permainannya mirip dengan olahraga bola voli. Dan beberapa tahun kemudian penerapan permainan sepak takraw sendiri sudah dimasukkan dalam kurikulum sekolah di Malaysia.
 
4. Pada tahun 1940 muncullah sepak takraw modern yang sudah mulai menyebar di beberapa negara bagian Asia Tenggara dan sudah terdapat berbagai aturan formal di setiap pertandingan. Sebutan sepak takraw ternyata berasal dari bahasa Melayu yang memiliki arti menendang bola anyaman.
 
5. Sedangkan di Indonesia sendiri olahraga sepak takraw baru berkembang pada tahun 1970 dimana dimulai dari kunjungan Muhibah Singapore dan Malaysia untuk memperkenalkan olahraga ini. Semenjak diperkenalkan, mulai muncul peminat dari olahraga ini di beberapa daerah.
 
6. Pada tahun 1971 baru dibentuk secara resmi sebuah organisasi induk olahraga bola sepak ini dan fungsinya untuk menampung aspirasi dan mengatasi segala persoalan seputar sepak takraw.
 
Akhir-akhir ini prestasi sepak takraw Indonesia sendiri mengalami pasang surut karena minat dari olahraga ini masih sedikit kurang. Informasi mengenai sejarah perkembangan permainan sepak takraw ini adalah untuk memperkenalkan Anda dengan olahraga unik ini. Seiapa tahu dengan melihat saja Anda bisa langsung tertarik. Tetapi untuk bisa mahir dalam permainan ini perlu adanya latihan dan kerja keras. Semoga informasi di atas mampu memberikan manfaat seputar dunia sepak takraw dan sejarahnya yang mungkin berguna untuk Anda. Lihat juga artikel lainnya "teknik dasar olahraga sepak takraw" dan "induk organisasi sepak takraw di indonesia".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Sejarah Perkembangan Olahraga Sepak Takraw

0 comments:

Post a Comment